Langsung ke konten utama

Critical Journal Review 2
Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul
Oleh: Dewi Prasari Suryawati Guru MAN Wonosari Gunungkidul

Nama: Annisa Khairani
NIM:  0301171290
Kelas: Pendidikan Agama Islam 4
Dosen Pengampu: Dr. Mardianto, M.Pd
 








Prodi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Medan 2019




KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan Review Jurnal ini. Shalawat berangkaikan salam dihadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang seperti sekarang ini.
Selanjutnya saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dr. Mardianto, M.Pd. selaku dosen pengampu Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak yang telah membimbing serta mengarahkan dalam menyusun Review Jurnal ini.
Mungkin Review Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Akhirnya, penulis berharap mudah-mudahan penyusunan Review Jurnal ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Medan, 13 Mei 2019
Penulis,

                                                                                                                       
                                                                                                                        Annisa Khairani





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................... 1
DAFTAR ISI ...................................................................................................................... 2
A.       Pendahuluan ............................................................................................................... 3
B.        Ringkasan Jurnal......................................................................................................... 4
1.       Identitas Jurnal....................................................................................................... 4
2.       Ringkasan Isi Jurnal............................................................................................... 4
a.       Pendahuluan.................................................................................................... 4
b.      Kajian Teori...................................................................................................... 4
c.       Metodologi Penelitian...................................................................................... 6
d.      Pembahasan..................................................................................................... 6
e.       Kesimpulan dan Saran..................................................................................... 6
C.       Pembahasan................................................................................................................. 7
1.       Relevansi antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian
penulis.................................................................................................................... 7
2.       Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan...................................... 7
3.       Pemilihan serta cakupan kajian teori..................................................................... 7
4.       Metodologi yang digunakan dan relevansinya..................................................... 8
5.       Kerangka berpikir penulis pada bagian pembahasan........................................... 8
6.       Kesimpulan dan saran yang diajukan penulis serta implikasinya
pada penelitian berikutnya.................................................................................... 8
D.      Kesimpulan dan Saran................................................................................................ 9
a.       Kesimpulan............................................................................................................ 9
b.      Saran....................................................................................................................... 9





A.     Pendahuluan
Pembelajaran akidah akhlak merupakan pembelajaran yang bukan hanya dalam bentuk teori atau sekedar peserta didik tahu apa itu akidah serta akhlak yang baik, namun pembelajaran akidah akhlak ini bertujuan agar peserta didiknya mampu mempunyai karakter yang memiliki kualitas iman yang baik, bertakwa dan berakhlak mulia.
Adapun latar belakang penulis memilih untuk mengkritik jurnal tersebut ialah disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama, penulis melaksanakan tugaas dari Bapak dosen pengampu mata kuliah Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak, Bapak Dr. Mardianto, M. Pd., dimana beliau memberi arahan untuk mengkritik sebuah jurnal tentang pembelajaran akidah akhlak maka penulis pun melaksanakan arahan beliau untuk mengkritik jurnal. Yang kedua, ketika mencari jurnal di internet, penulis merasa bahwa jurnal tersebut sangat cocok untuk dikritik sehubungan dengan topik jurnal tersebut yang menarik, maka penulis pun memilih jurnal yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul” yang ditulis oleh Dewi Prasari Suryawati seorang guru di MAN Wonosari Gunungkidul untuk dikritik jurnalnya.
Pemilihan topik jurnal tersebut berdasarkan keinginan saya menilik lebih dalam tentang implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik. Dimana, dalam isi jurnal tersebut bertujuan untuk mengungkap problematika pengimplementasian pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak. Dan mata pelajaran akidah akhlak jugalah salah satu pembentuk pendidikan karakter peserta didik di Mts. Negeri Semanu Gunungkidul.






B.   Ringkasan Jurnal
1.       Identitas Jurnal
Judul                          : Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul
Penulis                      : Dewi Prasari Suryawati Guru MAN Wonosari Gunungkidul
Penerbit                    : Jurnal Pendidikan Madrasah
Volume/Nomor       : 01/No.2
Halaman                   : 309-322
Tahun                       : 2016

2.       Ringkasan Isi Jurnal
a.    Pendahuluan
Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Itulah pengertian pendidikan menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.
Pendidikan agama dan akhlak mulia merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Ruang lingkup pendidikan agama dan akhlak mulia dalam KTSP disebutkan bahwa: “Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etiak, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

b.      Kajian Teori
1)        Pengertian dan Tujuan Pendidikan Akidah Akhlak
Pembelajaran dalam proses pendidikan adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.13 Ruang lingkup pembelajaran dapat terjadi pada setiap waktu, keadaan, tempat atau lingkungan dan cakupan materi, termasuk dalam hal ini mata pelajaran akidah akhlak yang diajarkan di sekolah.
Selanjutnya, di sini akan dijelaskan juga pengertian mengenai definisi akidah. Akidah berasal dari kata “aqd” yang berarti pengikatan. Maksudnya mengikat hati terhadap hal tersebut. Akidah adalah apa yang diyakini oleh seseorang. Jika dikatakan, dia mempunyai akidah yang benar, berarti akidahnya bebas dari keraguan. Akidah merupakan perbuatan hati, yaitu kepercayaan hati dan pembenarannya kepada sesuatu.
2)        Peran Pendidikan Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter
Pendidikan agama berperan besar dalam rangka pendidikan karakter ini. Maka dari itu, tidak dapat dipisahkan antara pendidikan karakter dan pendidikan agama.
3)        Pengertian Pendidikan Karakter
Karakter berasal dari bahasa latin kharakter, kharassaein, dan kharax dalam bahasa Yunani character dari kata charassein, yang berarti membuat tajam dan membuat dalam. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pasat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional kata karakter berarti sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, atau bermakna bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak.
4)    Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Islam
Pendidikan karakter dalam Islam adalah pendidikan akhlak. dalam Islam tidak ada disiplin ilmu yang terpisah dari etika-etika Islam dan pentingnya komparasi antara akal dan wahyu dalam menentukan nilai-nilai moral terbuka untuk diperdebatkan. Bagi kebanyakan muslim segala yang dianggap halal dan haram dalam Islam, dipahami sebagai keputusan Allah tentang benar dan baik. dalam Islam terdapat tiga nilai utama yaitu akhlak, adab, dan keteladanan.
5)    Nilai-Nilai Karakter yang Dikembangkan di Sekolah
Dalam referensi Islam, nilai yang sangat terkenal dan melekat yang mencerminkan akhlak/perilaku yang luar biasa tercermin pada Nabi Muhammad SAW, yaitu: 1) Sidik, 2) amanah, 3) fatonah, dan 4) tabligh. Tentu dipahami bahwa empat nilai ini merupakan esensi bukan keseluruhan karena Nabi Muhammad SAW juga terkenal dengan kesabarannya, ketangguhannya, kerja kerasnya dan berbagai macam karakter baik yang dimiliki Nabi.
6)      Pembelajaran Pendidikan Karakter
a)      Pengembangan Silabus dan RPP untuk Pendidikan Karakter
b)      Model Pembelajaran Pendidikan Karakter
c)       Penilaian atau Evaluasi Pendidikan Karakter

c.     Metodologi Penilitian
Metode yang digunakan peneliti adalah metode obervasi, interview, dan dokumentasi. Jenis interview yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview terpadu atau terpimpin, atau istilah lain kebebasan dalam wawancara dibatasi oleh bahan yang telah disiapkan (guide interview). Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan efektifitas pembelajaran pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter. Adapun pihak-pihak yang akan diinterview adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Akidah Akhlak, guru mata pelajaran non-PAI yang diperlukan, siswa, dan informan lain yang dibutuhkan untuk menunjang kelengkapan informasi.

d.   Pembahasan
Pembahasan pada jurnal tersebut berisi kajian teori yang sudah di sebutkan diatas dan evaluasi yang hanya berupa tehnik pengamatan.

e.       Kesimpulan dan Saran
Implementasi pembelajaran karakter pada tahap evaluasi dilakukan dengan mengembangkan penilaian tehnik pengamatan saja, sehingga belum nampak adanya evaluasi yang sempurna, tehnik penilaian 87,5% menggunakan tes tertulis dan lisan yang kurang relevan untuk evaluasi pendidikan karakter.

C.     Pembahasan

1.       Relevansi antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian penulis
Hubungan antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian penulis jurnal yang berjudul “Implementasi Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTS Negeri Semanu Gunungkidul” adalah penulis merupakan seorang guru di MAN Wonosari Gunungkidul dan dalam membentuk karakter siswa, perlu adanya pembelajaran Akidah Akhlah di sekolah tersebut, agar para peserta maupun pendidik mudah mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.       Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan
a.       Perilaku memiliki makna yang luas. Hal ini mencakup pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan sebagainya. Perilaku yang dapat diamati disebut dengan penampilan atau behavorial performance sedangkan yang tidak bisa diamati disebut kecenderungan perilaku atau behavorial tendency.
b.      Pendidikan akhlak merupakan suatu proses untuk menumbuhkan, mengembangkan kepribadian yang utama dengan mendidiknya, mengajar dan melatih.
c.       Ada kesamaan antara karakter dengan akhlak, moral, etika atau budi pekerti yaitu membicarakan tingkah laku atau tabiat manusia. Namun demikian jika dikaji lebih mendalam akhlak memiliki makna yang lebih luas dibandingkan moral, etika, atau budi pekerti karena akhlak tidak hanya berbicara masalah baik buruk dalam artian umum tetapi ia juga berkaitan dengan hal-hal yang bersifat transendental yaitu hubungan makhluk dengan sang Khalik.

3.       Pemilihan serta cakupan kajian teori
Pemilihan kajian teori tentang jurnal yang berjudul “Implementasi Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTS Negeri Semanu Gunungkidul” hanya didasarkan pada reori-teori umum dan pengertian dasar tentang Akidah Akhlak. Adapun teori-teori tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Teorisasi Tentang Pendidikan Akidah Akhlak
b.      Teorisasi Tentang Pendidikan Karakter

4.       Metodologi yang digunakan dan relevansinya
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Studi kasus secara konseptual adalah suatu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut

5.       Kerangka berpikir penulis pada bagian pembahasan
Penelitian ini mendiskripsikan mengenai implementasi pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap problematika mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak.

6.       Kesimpulan dan saran yang diajukan penulis serta implikasinya pada penelitian berikutnya
Implementasi pembelajaran karakter pada tahap evaluasi dilakukan dengan mengembangkan penilaian tehnik pengamatan saja, sehingga belum nampak adanya evaluasi yang sempurna, tehnik penilaian 87,5% menggunakan tes tertulis dan lisan yang kurang relevan untuk evaluasi pendidikan karakter. Kedepannya diharapkan siswa dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

7.       Pembahasan bias memuat persetujuan, kritik, sanggahan, uraian penjelas serta posisi penulis journal review terhadap jurnal
Evaluasi penelitian jurnal tersebut hanya menggunakan satu tekhnik, yaitu tekhnik pengamatan alangkah lebih baiknya jika penulis jurnal tersebut menambahkan tehnik-tehnik yang lainnya dalam mengevaluasi implementasi pendidikan karakter di Mts. Negeri Semanu Gunungkidul.
D.       Kesimpulan dan Saran

1.       Kesimpulan
        Dari jurnal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam silabus dan RPP. Nilai karakter yang dimasukkan dalam perencanaan meliputi: cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, dan kerjasama. Pada tahap pelaksanaan ketujuh nilai karakter itu ditanamkan, namun untuk mencapai ketujuh karakter dengan alokasi waktu hanya 2 jam pelajaran perminggu (2 x 40 menit) sangat kecil kemungkinan bisa tercapai. Selain itu guru telah memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya, namun masih bersifat administratif sehingga dalam menanamkan karakter pada siswa belum terlaksana dengan maksimal.

2.       Saran
Evaluasi penelitian jurnal tersebut hanya menggunakan satu tekhnik, yaitu tekhnik pengamatan alangkah lebih baiknya jika penulis jurnal tersebut menambahkan tehnik-tehnik yang lainnya dalam mengevaluasi implementasi pendidikan karakter di Mts. Negeri Semanu Gunungkidul.
Semoga jurnal ini dapat dikembangkan lagi penelitiannya di kemudian hari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH CBR

CRITICAL BOOK REPORT Identitas Buku Judul : Strategi Pembelajaran Penulis : Dr. Wahyudin Nasution, M. Ag. Penerbit : Perdana Publishing Tahun Terbit : 2017 Kota Terbit : Medan Cetakan : Pertama Tebal buku : 162 halaman ISBN : 978-602-6462-90-9 Ringkasan Isi Buku BAB I PENDAHULUAN Buku ini disusun dengan memuat 9 Bab. Bab I, pendahuluan, Bab II, hakikat strategi pembelajaran, Bab III, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, Bab IV, keterampilan dasar mengajar, Bab V, media dalam proses pembelajaran, Bab VI, pembelajaran efektif, BabVII, CBSA, Bab VIII, jenis-jenis strategi pembelajaran dan Bab IX, jenis-jenis metode pemebelajaran. BAB II HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN Strategi pembelajaran adalah keseluruhan pola umum kegiatan pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan peristiwa pembelajaran yang efektif untuk mencapai suatu tujuan tertentu. BAB III SISTEM PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN Kegiatan pembelajaran dapat dikataka...

INSPIRING TEACHER

Dengan membaca kita mengetahui isi dunia Dengan menulis dunia tahu siapa kita Btw soal nulis, aku udah lama gak nulis dan menggunggah tulisanku di sosial media.  Terakhir kali posting tulisan itu di akun instagramku @annisakhairani_ karena ikut 30 hari bercerita di bulan januari kemarin.  Okedeh, aku mau mulai lagi aktif nulis, tapi kali ini lewat blog aja ya, biar gak berdebu ini blog, hehe. Ngemeng-ngemeng, alasan aku mau nulis lagi karena dosen aku nyuruh kami untuk aktif menulis, actually it's a good suggestion. Yeah,, Dosen tersebut merupakan dosen mata kuliah strategi pembelajaran akidah akhlak. Nama beliau adalah Dr. Mardianto, M.Pd, dosen yang sangat peduli kepada mahasiswanya. Kehadiran beliau sangat dinanti-nantikan oleh para mahasiswanya, beliau dosen yang dapat menguasai kelas dengan sangat baik. Beliau juga sangat dermawan, dan juga beliau sering memberikan tips-tips kepada kami. Tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa beliau merupak...

Ma'had Al-Jami'ah UINSU

Ehm ehm, Assalamu'alaikum, Halooo semuanyaa!!!! Gimana kabarnya? Sehat?? Semoga pembaca sekalian selalu dalam lindungan Allah.. kali ini aku mau nge-review tentang asrama ya guys,, udah bisa ketebak mah dari judulnya. yaudah langsung aja. Aku tinggal di asrama ini udah hampir 3 tahun ya guys, lumayan lama dan betah pulak aku di sini. Kawan-kawan pasti pada kepo sama kegiatannya kan? soalnya keliatannya banyak banget kan? apa lagi perturannya,, hmm merinding  liatnya cuy! Oh ya, bagi yang belum tau soal Ma'had Al-Jami'ah itu ialah asrama kampus, yap asrama kampusnya UINSU. Lalu, apasih yang ngebuat asrama kampus UIN itu beda sama yang lainnyya? Penasaran? cuss baca sampai akhir,, Menurut kacamata penulis, yang ngebuat berbeda itu: 1. Kegiatan 2. Peraturannya Dah itu aja yang ngebedain, iya, serius itu aja.. tapi,,,,, gak hanya itu, ada bagian-bagiannya lagi. Langsung ajalah ya, kok lama kali Letak geografis Lokasi asrama itu di UIN 2 Panc...