Langsung ke konten utama

CONTOH CBR

CRITICAL BOOK REPORT
Identitas Buku
Judul : Strategi Pembelajaran
Penulis : Dr. Wahyudin Nasution, M. Ag.
Penerbit : Perdana Publishing
Tahun Terbit : 2017
Kota Terbit : Medan
Cetakan : Pertama
Tebal buku : 162 halaman
ISBN : 978-602-6462-90-9



Ringkasan Isi Buku
BAB I PENDAHULUAN
Buku ini disusun dengan memuat 9 Bab. Bab I, pendahuluan, Bab II, hakikat strategi pembelajaran, Bab III, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, Bab IV, keterampilan dasar mengajar, Bab V, media dalam proses pembelajaran, Bab VI, pembelajaran efektif, BabVII, CBSA, Bab VIII, jenis-jenis strategi pembelajaran dan Bab IX, jenis-jenis metode pemebelajaran.
BAB II HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran adalah keseluruhan pola umum kegiatan pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan peristiwa pembelajaran yang efektif untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
BAB III SISTEM PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan sebagai suatu sistem karena kegiatan pembelajaran memiliki komponen-komponen, masing-masing komponen memiliki fungsi sendiri, seluruh komponen melakukan fungsi komponen bersama dan fungsi bersama yang dilakukannya mempunyai suatu tujuan tertentu.
BAB IV KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Keterampilan itu adalah sebagai berikut: 1. Keterampilan bertanya; 2. Keterampilan memberi penguatan; 3. Keterampilan mengadakan variasi; 4. Keterampilan menjelaskan; 5. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran; 6. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil; 7. Keterampilan mengelola kelas; 8. Keterampilan mengelola kelompok kecil dan perorangan.
BAB V MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dan hal ini pada gilirannya akan membantu peserta didik untuk belajar secara optimal.
BAB VI PEMBELAJARAN EFEKTIF
Tujuh indikator yang menunjukkan pembelajaran yang efektif yaitu: 1. Pengorganisasian kuliah yang baik; 2. Komunikasi secara efektif; 3. Penguasaan dan antusiasme dalam mata kuliah; 4. Sikap positif terhadap mahasiswa; 5. Pemberian ujian dan nilai yang adil; 6. Keluwesan dan pendekatan mengajar; 7. Hasil belajar mahasiswa yang baik.
BAB VII CARA BELAJAR SISWA AKTIF
CBSA adalah suatu sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan peserta didik secara fisik, mental, intelektual, dan emosional. Tujuannya adalah memperoleh hasil belajar yang berbentuk perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
BAB VIII JENIS-JENIS STRATEGI PEMBELAJARAN
Adapun jenis-jenis pembelajaran, yakni; 1. SP ekspositori; 2. SP inkuiri; 3. SP berbasis masalah; 4. SP kooperatif; 5. SP afektif; 6. SP konstektual; 7. SP aktif.
BAB IX JENIS-JENIS METODE PEMBELAJARAN
Adapun jenis-jenis metode pembelajaran, yaitu: 1. Metode ceramah; 2. Metode Tanya jawab; 3. Metode diskusi; 4. Metode pemberian tugas; 4. Metode simulasi; 5. Metode demonstrasi; 6. Metode eksperimen.

Kelebihan Buku
Adapun kelebihan buku yang berjudul Strategi Pembelajaran yang ditulis oleh Wahyudin Nur ini ialah:
Pembahasan isi buku ringkas, dan langsung ke poinnya (tidak bertele-tele) dalam menjelaskan sub-sub bab dari buku tersebut.
Didukung dengan sumber yang terpercaya karena banyak sumber buku rujukan yang terdapat pada daftar pustaka.
Sangat cocok di jadikan buku refernsi bagi mahasiswa maupun kalangan umum yang ingin mempelajari cooperative learning.
Covernya sangat menarik sehingga dapat menambah minat baca para mahasiswa untuk membaca buku tersebut.

Kelemahan Buku
Adapun kelemahan buku yang berjudul Strategi Pembelajaran yang ditulis oleh Wahyudin Nur ini ialah:
Meskipun menggunakan bahasa baku beberapa kalimat pada buku tersebut banyak yang artinya kurang dapat dipahami oleh para pembaca.
Dalam pencetakan isi buku, beberapa kata ada yang terlihat buram.
Tidak terdapatnya gambar dalam isi buku tersebut yang dapat memahamkan para pembaca dalam mencerna isi buku tersebut.
Saran
Hendaknya penulis lebih memperhatikan pengeditan isi buku tersebut sebelum mencetak buku tersebut.









KONTRIBUSI UNTUK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Adapun kontribusi buku yang berjudul Strategi Pembelajaran tersebut ialah:

Membantu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dimana seorang pendidik juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efesien, dan dapat memfasilitasi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Contoh: Guru melakukan strategi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif. Dimana guru membiarkan anak murid berperan aktif dalam berdiskusi antar sesama temannya dalam mendiskusikan materi tentang akhlak terpuji di dalam kehidupan sehari-hari.

Membantu para siswa dalam mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Dimana para peserta didik memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam kemampuannya menggunakan media dalam pembelajaran.
Contoh: Dalam diskusi tentang akhlak terpiji dalam kehidupan sehari-hari para peserta didik ditugaskan untuk membuat power point tentang akhlak terpuji dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan setelah itu mempresentaasikannya di depan kelas melalui layar proyektor.

Dengan adanya strategi pembelajaran, menjadikan pembelajaran semakin efisien karena antara guru dan peserta didik dapat mencacpai tujuan yang sama dalam pembelajaran.
Contoh: Dengan adanya strategi dalam pembelajaran, maka materi yang sudah diberikan oleh guru akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa calon pendidik dan praktisi pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Maka dari itu, buku ini juga dijadikan buku pegangan wajib bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSPIRING TEACHER

Dengan membaca kita mengetahui isi dunia Dengan menulis dunia tahu siapa kita Btw soal nulis, aku udah lama gak nulis dan menggunggah tulisanku di sosial media.  Terakhir kali posting tulisan itu di akun instagramku @annisakhairani_ karena ikut 30 hari bercerita di bulan januari kemarin.  Okedeh, aku mau mulai lagi aktif nulis, tapi kali ini lewat blog aja ya, biar gak berdebu ini blog, hehe. Ngemeng-ngemeng, alasan aku mau nulis lagi karena dosen aku nyuruh kami untuk aktif menulis, actually it's a good suggestion. Yeah,, Dosen tersebut merupakan dosen mata kuliah strategi pembelajaran akidah akhlak. Nama beliau adalah Dr. Mardianto, M.Pd, dosen yang sangat peduli kepada mahasiswanya. Kehadiran beliau sangat dinanti-nantikan oleh para mahasiswanya, beliau dosen yang dapat menguasai kelas dengan sangat baik. Beliau juga sangat dermawan, dan juga beliau sering memberikan tips-tips kepada kami. Tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa beliau merupak...

Ma'had Al-Jami'ah UINSU

Ehm ehm, Assalamu'alaikum, Halooo semuanyaa!!!! Gimana kabarnya? Sehat?? Semoga pembaca sekalian selalu dalam lindungan Allah.. kali ini aku mau nge-review tentang asrama ya guys,, udah bisa ketebak mah dari judulnya. yaudah langsung aja. Aku tinggal di asrama ini udah hampir 3 tahun ya guys, lumayan lama dan betah pulak aku di sini. Kawan-kawan pasti pada kepo sama kegiatannya kan? soalnya keliatannya banyak banget kan? apa lagi perturannya,, hmm merinding  liatnya cuy! Oh ya, bagi yang belum tau soal Ma'had Al-Jami'ah itu ialah asrama kampus, yap asrama kampusnya UINSU. Lalu, apasih yang ngebuat asrama kampus UIN itu beda sama yang lainnyya? Penasaran? cuss baca sampai akhir,, Menurut kacamata penulis, yang ngebuat berbeda itu: 1. Kegiatan 2. Peraturannya Dah itu aja yang ngebedain, iya, serius itu aja.. tapi,,,,, gak hanya itu, ada bagian-bagiannya lagi. Langsung ajalah ya, kok lama kali Letak geografis Lokasi asrama itu di UIN 2 Panc...