Langsung ke konten utama

CONTOH CJR


Critical Journal Review
Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik
Oleh: M. Hidayat Ginanjar (Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor) dan Nia Kurniawati (Guru Pembimbing di SMP & SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor).

Nama: Annisa Khairani
NIM:  0301171290
Kelas: Pendidikan Agama Islam 4
Dosen Pengampu: Dr. Mardianto, M.Pd

 








Prodi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Medan 2019




KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan Review Jurnal ini. Shalawat berangkaikan salam dihadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang seperti sekarang ini.
Selanjutnya saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dr. Mardianto, M.Pd. selaku dosen pengampu Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak yang telah membimbing serta mengarahkan dalam menyusun Review Jurnal ini.
Penulis menyadari Review Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Akhirnya, penulis berharap mudah-mudahan penyusunan Review Jurnal  ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Medan, 13 Mei 2019
Penulis,

                                                                                                                       
                                                                                                                        Annisa Khairani





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................................... ii
A.       Pendahuluan ............................................................................................................... 1
B.        Ringkasan Jurnal......................................................................................................... 2
1.       Identitas Jurnal....................................................................................................... 2
2.       Ringkasan Isi Jurnal............................................................................................... 2
a.       Pendahuluan.................................................................................................... 2
b.      Kajian Teori...................................................................................................... 3
c.       Metodologi Penelitian...................................................................................... 4
d.      Pembahasan..................................................................................................... 4
e.       Kesimpulan dan Saran..................................................................................... 4
C.       Pembahasan................................................................................................................. 5
1.       Relevansi antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian
penulis.................................................................................................................... 5
2.       Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan...................................... 5
3.       Pemilihan serta cakupan kajian teori..................................................................... 5
4.       Metodologi yang digunakan dan relevansinya..................................................... 6
5.       Kerangka berpikir penulis pada bagian pembahasan........................................... 6
6.       Kesimpulan dan saran yang diajukan penulis serta implikasinya
pada penelitian berikutnya.................................................................................... 6
7.       Pembahasan bias memuat persetujuan, kritik, sanggahan, uraian penjelas
serta posisi penulis journal review terhadap jurnal.............................................. 6
D.      Kesimpulan dan Saran................................................................................................ 7



A.     Pendahuluan
Pembelajaran akidah akhlak merupakan pembelajaran yang bukan hanya dalam bentuk teori atau sekedar peserta didik tahu apa itu akidah serta akhlak yang baik, namun pembelajaran akidah akhlak ini bertujuan agar peserta didiknya mampu mempunyai karakter yang memiliki kualitas iman yang baik, bertakwa dan berakhlak mulia.
Adapun latar belakang penulis memilih untuk mengkritik jurnal tersebut ialah disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama, penulis melaksanakan tugaas dari Bapak dosen pengampu mata kuliah Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak, Bapak Dr. Mardianto, M. Pd., dimana beliau memberi arahan untuk mengkritik sebuah jurnal tentang pembelajaran akidah akhlak maka penulis pun melaksanakan arahan beliau untuk mengkritik jurnal. Yang kedua, ketika mencari jurnal di internet, penulis merasa bahwa jurnal tersebut sangat cocok untuk dikritik sehubungan dengan topik jurnal tersebut yang menarik, maka penulis pun memilih jurnal yang berjudul Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik yang ditulis oleh: M. Hidayat Ginanjar (Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor) dan Nia Kurniawati (Guru Pembimbing di SMP & SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor) untuk dikritik.
Pemilihan topik jurnal tersebut berdasarkan keinginan saya untuk meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik, khususnya peserta didik pada SMP maupun SMA. Dimana, dalam isi jurnal tersebut dapat beberapa hal yang dapat menungkatkan akhlakul karimah para peserta didik.









B.      Ringkasan Jurnal
1.       Identitas Jurnal
Judul                        : Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik
Penulis                      : M. Hidayat Ginanjar (Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor) dan Nia Kurniawati (Guru Pembimbing di SMP & SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor).
Penerbit                    : Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam
Volume/Nomor       : 06/No.12
Halaman                   : 102-124
Tahun                       : 2017

2.       Ringkasan Isi Jurnal
a.    Pendahuluan
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan bahwa dengan pendidikanlah manusia mampu mengangkat martabat dirinya menuju kepada peradaban budaya dan pola pikir yang lebih maju, dinamis dan ilmiah. Melalui pendidikan itu akhlak manusia dapat terbentuk. Akhlak dalam agama Islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain.
Dari sisi manfaatnya, kehadiran agama tidak hanya memberikan bimbingan dan arahan agar menemukan dimensi spiritualitas hidup yang transenden, melainkan berdampak pada sisi sosiologis, berupa keseimbangan hidup untuk senantiasa berbuat baik dan memberikan kepedulian kepada sesama.
Banyak fenomena keterpurukan akhlak karimah peserta didik yang membuat prihatin semua kalangan, baik pemerintah, lembaga pendidikan, maupun masyarakat. Kondisi ini membuat semua pihak khususnya kalangan pendidik semakin perhatian untuk mencari jawaban atas persoalan krusial ini tentang faktor penyebab krisis akhlak karimah peserta didik.


Faktor penyebab krisis akhlak pada peserta didik dapat ditinjau dari berbagai hal diantaranya; kurangnya peserta didik dalam memahami pentingnya pendidikan akhlak dan faktor salah pergaulan, media masa, baik media cetak maupun media elektronik yang banyak merusak akhlak karimah terutama pada usia remaja yang notabene sedang mengalami masa perkembangan serta mudah terpengaruh budaya-budaya yang tidak baik bagi perkembangan jiwanya, pengaruh globalisasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat juga merupakan salah satu penyebab degradasi akhlak peserta didik.
Dengan demikian, maka dapat difahami intisarinya bahwa aqidah merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dan tidak dipengaruhi sedikitpun oleh karaguan, baik keraguan yang muncul dari dirinya maupun yang diajarkan oleh orang lain, dan keyakinan yang pasti ini menjadi sandaran hidupnya yang membuahkan akhlak mulia pada diri seseorang tidak terkecuali peserta didik atau siswa.
b.      Kajian Teori
1)        Teorisasi Tentang Pembelajaran dan Akidah
Pembelajaran dalam proses pendidikan adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.13 Ruang lingkup pembelajaran dapat terjadi pada setiap waktu, keadaan, tempat atau lingkungan dan cakupan materi, termasuk dalam hal ini mata pelajaran akidah akhlak yang diajarkan di sekolah.
Selanjutnya, di sini akan dijelaskan juga pengertian mengenai definisi akidah. Akidah berasal dari kata “aqd” yang berarti pengikatan. Maksudnya mengikat hati terhadap hal tersebut. Akidah adalah apa yang diyakini oleh seseorang. Jika dikatakan, dia mempunyai akidah yang benar, berarti akidahnya bebas dari keraguan. Akidah merupakan perbuatan hati, yaitu kepercayaan hati dan pembenarannya kepada sesuatu.
2)        Teorisasi Tentang Akhlak
Secara etimologi, akhlak berasal dari kata khalaqa yang berarti menciptakan, menjadikan, membuat. Akhlaq adalah kata yang berbentuk jamak taksir dari kata khuluqun, yang berarti tabiat atau budi pekerti. Pendapat yang lain menjelaskan bahwa secara bahasa berasal dari akar kata (لخلق ا) yaitu gerakan dan sikap lahiriyah yang dapat diketahui dengan indera penglihat. Sedangkan secara istilah akhlak ialah sifat-sifat, perangai atau tabiat seseorang dalam bergaul dengan orang lain atau dalam bermasyarakat.
3)        Metodologi Penelitian
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah/scientic karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut discovery karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.
c.     Pembahasan
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai prestasi siswa berdasarkan hasil angket pada pembelajaran akidah akhlak didapati nilai keseluruhannya adalah 775. Jika dirata-ratakan dengan cara dibagi sesuai dengan jumlah siswa sebanyak 30 responden maka nilai rataratanya adalah 25,83 dibulatkan 26. Nilai 26 berarti menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak tahun pelajaran 2016/2017 Cukup Baik. Artinya, siswa telah mengikuti pelajaran akidah akhlak dengan cukup baik.
d.      Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang ada tidaknya korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di sekolah Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor dapat ditarik kesimpulan, bahwa pembelajaran akidah akhlak berkorelasi positif pada peningkatan akhlak karimah peserta didik Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor. Hal ini tentunya menjadi temuan bahwa siswa MA SMI memliki ahklak yang cukup baik.
C.     Pembahasan
1.       Relevansi antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian penulis
Hubungan antara topik jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian penulis ialah: pada penulis 1, yakni M. Hidayat Ginanjar , beliau merupakan dosen tetap prodi Pendidikan Agama Islam  di STAI Al-Hidayah Bogor dimana pada topik jurnal tersebut membahas tentang “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik”. Korelasi antara penulis dan topik jurnal tersebut ialah sebagai seorang dosen Pendidikan Agama Islam, beliau melakukan penelitian dengan tentang pembelajaran akida akhlak yang dapat meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. Kemudian pada ppenulis kedua, Nia Kurniawati, seorang guru Pembimbing di SMP & SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor. Dimana beliau merupakan pembimbing para peserta didik yang ada pada sekolah tersebut dan sangat berkesinambungan dengan topik penelitian, dimana pada saat membimbing para peserta didik, seorang guru dapat menggunakan pembelajaran akidah akhlak kepada murid-muridnya.
2.       Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan
a.       Melalui pendidikan akhlak manusia dapat terbentuk
b.      Mengetahui cara peserta didik agar akhlaknya lebih baik dan bisa menjadi generasi penerus yang baik di masyarakat.
c.       Upaya lembaga pendidikan dalam mewujudkan terbentuknya akhlak karimah ini merupakan sesuatu yang sangat penting maka harus ditanamkan sejak dini baik di lingkungan keluarga, sekolah dan maupun di lingkungan masyarakat, agar mereka menjadi manusia yang berjiwa mulia dan memiliki budi pekerti yang memadai.
3.       Pemilihan serta cakupan kajian teori
Pemilihan kajian teori tentang jurnal yang berjudul “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik” hanya didasarkan ppada reori-teori umum dan pengertian dasar tentang Akidah Akhlak. Adapun teori-teori tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Teorisasi Tentang Pembelajaran dan Akidah
b.      Teorisasi Tentang Akhlak
c.       Pengertian Akidah Akhlak
4.       Metodologi yang digunakan dan relevansinya
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah/scientic karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut discovery karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic.
5.       Kerangka berpikir penulis pada bagian pembahasan
Penulis menggunakan banyak data dalam membahas penelitian tersebut. Dan membaginya menjadi 9 tabel yang memiliki hasil penelitan pada masing-masing tabel tersebut.
6.       Kesimpulan dan saran yang diajukan penulis serta implikasinya pada penelitian berikutnya
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang ada tidaknya korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di sekolah Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor dapat ditarik kesimpulan, bahwa pembelajaran akidah akhlak berkorelasi positif pada peningkatan akhlak karimah peserta didik Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor. Hal ini tentunya men jadi temuan bahwa siswa MA SMI memliki ahklak yang cukup baik. Tidak ada saran yang diajukan penulis pada penulisan jurnal tersebut.
7.       Pembahasan bias memuat persetujuan, kritik, sanggahan, uraian penjelas serta posisi penulis journal review terhadap jurnal
Pada uraian jurnal tersebut penulis banyak menggunakan data, namun pada data tersebut kurang dapat dipahami maknanya oleh para pembaca. Pada penulis journal review yang kedua, tidak ditemukan informasi yang dapat dihubungi untuk menghubungi penulis tersebut.

D.       Kesimpulan dan Saran
1.       Kesimpulan
        Dari jurnal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik Tenjolaya Bogor, dikatagorikan dengan tingkat korelasi yang sedang/cukup, dengan nilai indeks korelasi yaitu 143,52. Berdasarkan pada tabel interpretasi data berada di antara 09,00 sampai 1,00. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain terdapat korelasi yang cukup baik pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor.
2.       Saran
Penulisan jurnal yang dilakukan oleh peneliti sudah mencapai data yang baik dan akurat. Hanya saja, kurang penjelasan atau kelengkapan mengenai kajian teori.
Jadi saran terhadap jurnal ini, perhatikan baik mengenai kajian teori yang sebaiknya dilengkapi dan juga implikasi nyata penelitian dalam kehidupan pendidikan saat ini perlu ditambahi.
Semoga jurnal ini dapat dikembangkan lagi penelitiannya di kemudian hari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH CBR

CRITICAL BOOK REPORT Identitas Buku Judul : Strategi Pembelajaran Penulis : Dr. Wahyudin Nasution, M. Ag. Penerbit : Perdana Publishing Tahun Terbit : 2017 Kota Terbit : Medan Cetakan : Pertama Tebal buku : 162 halaman ISBN : 978-602-6462-90-9 Ringkasan Isi Buku BAB I PENDAHULUAN Buku ini disusun dengan memuat 9 Bab. Bab I, pendahuluan, Bab II, hakikat strategi pembelajaran, Bab III, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, Bab IV, keterampilan dasar mengajar, Bab V, media dalam proses pembelajaran, Bab VI, pembelajaran efektif, BabVII, CBSA, Bab VIII, jenis-jenis strategi pembelajaran dan Bab IX, jenis-jenis metode pemebelajaran. BAB II HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN Strategi pembelajaran adalah keseluruhan pola umum kegiatan pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan peristiwa pembelajaran yang efektif untuk mencapai suatu tujuan tertentu. BAB III SISTEM PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN Kegiatan pembelajaran dapat dikataka...

INSPIRING TEACHER

Dengan membaca kita mengetahui isi dunia Dengan menulis dunia tahu siapa kita Btw soal nulis, aku udah lama gak nulis dan menggunggah tulisanku di sosial media.  Terakhir kali posting tulisan itu di akun instagramku @annisakhairani_ karena ikut 30 hari bercerita di bulan januari kemarin.  Okedeh, aku mau mulai lagi aktif nulis, tapi kali ini lewat blog aja ya, biar gak berdebu ini blog, hehe. Ngemeng-ngemeng, alasan aku mau nulis lagi karena dosen aku nyuruh kami untuk aktif menulis, actually it's a good suggestion. Yeah,, Dosen tersebut merupakan dosen mata kuliah strategi pembelajaran akidah akhlak. Nama beliau adalah Dr. Mardianto, M.Pd, dosen yang sangat peduli kepada mahasiswanya. Kehadiran beliau sangat dinanti-nantikan oleh para mahasiswanya, beliau dosen yang dapat menguasai kelas dengan sangat baik. Beliau juga sangat dermawan, dan juga beliau sering memberikan tips-tips kepada kami. Tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa beliau merupak...

Ma'had Al-Jami'ah UINSU

Ehm ehm, Assalamu'alaikum, Halooo semuanyaa!!!! Gimana kabarnya? Sehat?? Semoga pembaca sekalian selalu dalam lindungan Allah.. kali ini aku mau nge-review tentang asrama ya guys,, udah bisa ketebak mah dari judulnya. yaudah langsung aja. Aku tinggal di asrama ini udah hampir 3 tahun ya guys, lumayan lama dan betah pulak aku di sini. Kawan-kawan pasti pada kepo sama kegiatannya kan? soalnya keliatannya banyak banget kan? apa lagi perturannya,, hmm merinding  liatnya cuy! Oh ya, bagi yang belum tau soal Ma'had Al-Jami'ah itu ialah asrama kampus, yap asrama kampusnya UINSU. Lalu, apasih yang ngebuat asrama kampus UIN itu beda sama yang lainnyya? Penasaran? cuss baca sampai akhir,, Menurut kacamata penulis, yang ngebuat berbeda itu: 1. Kegiatan 2. Peraturannya Dah itu aja yang ngebedain, iya, serius itu aja.. tapi,,,,, gak hanya itu, ada bagian-bagiannya lagi. Langsung ajalah ya, kok lama kali Letak geografis Lokasi asrama itu di UIN 2 Panc...